Kamis, 23 November 2017

SMART HAFIZH & HAFIZ JUNIOR Manusia-Manusia Terbaik (Semoga Kita termasuk diantaranya) . ﺑِﺴْــــــــــــــﻢِ ﺍﻟﻠﻪِ ﺍﻟﺮَّﺣْﻤَﻦِ ﺍﻟﺮَّﺣِﻴْـــــﻢ ﻣﻦ ﻫﻢ ﺧﻴﺮُ ﺍﻟﻨﺎﺱ ؟ . "Siapakah Mereka Sebaik-Baik Manusia ?!". ﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ : Rasulullah ﷺ bersabda : . ﺧﻴﺮﻛﻢ ﻣﻦ ﺗﻌﻠﻢ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﻭﻋﻠﻤﻪ ‏[ ﺻﺤﻴﺢ ﺍﻟﺒﺨﺎﺭﻱ 5027 ‏] "Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al Qur'an dan mengajarkannya". ( HR. Bukhari 5027 ). . ﺧﻴﺎﺭﻛﻢ ﺃﺣﺴﻨﻜﻢ ﺃﺧﻼﻗﺎ ‏[ ﺻﺤﻴﺢ ﺍﻟﺒﺨﺎﺭﻱ 6035 ‏] "Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik akhlaknya." (HR. Bukhari 6035). . ﺧﻴﺮﻛﻢ ﺃﺣﺴﻨﻜﻢ ﻗﻀﺎﺀ ‏( ﺃﻱ ﻋﻨﺪ ﺭﺩ ﺍﻟﻘﺮﺽ ‏) ‏[ ﺻﺤﻴﺢ ﺍﻟﺒﺨﺎﺭﻱ ﺭﻗﻢ 2305 ‏] "Sebaik-baik kalian adalah yg paling baik dalam membayar ( mengembalikan hutang )". (HR. Bukhari 2305) . ﺧﻴﺮﻛﻢ ﻣﻦ ﻳُﺮﺟﻰ ﺧﻴﺮﻩ ﻭﻳُﺆﻣٓﻦ ﺷﺮﻩ ‏[ ﺻﺤﻴﺢ ﺍﻟﺘﺮﻣﺬﻱ / 2263 ‏] "Sebaik-baik kalian adalah orang paling bisa diharapkan kebaikannya dan aman dari keburukannya". (HR. Tirmidzi 2263) . ﺧﻴﺮﻛﻢ ﺧﻴﺮﻛﻢ ﻷﻫﻠﻪ ‏[ ﺻﺤﻴﺢ ﺍﺑﻦ ﺣﺒﺎﻥ / 4177 ‏] "Sebaik-baik kalian adalah yg paling baik terhadap istrinya". (HR. Ibnu Hibban : 4177) . ﺧﻴﺮﻛﻢ ﻣﻦ ﺃﻃﻌﻢ ﺍﻟﻄﻌﺎﻡ ﻭﺭﺩَّ ﺍﻟﺴﻼﻡ ‏[ ﺻﺤﻴﺢ ﺍﻟﺠﺎﻣﻊ / 3318 ‏] "Sebaik-baik kalian adalah orang yang mau memberi makan (kepada orang lain) dan mau menjawab salam". (Shahih Al Jami' 3318) . ﺧﻴﺎﺭﻛﻢ ﺃﻟﻴﻨُﻜﻢ ﻣﻨﺎﻛﺐ ﻓﻲ ﺍﻟﺼﻼﺓ ‏[ ﺍﻟﺘﺮﻏﻴﺐ ﻭﺍﻟﺘﺮﻫﻴﺐ 234/1 ‏] ‏( ﺃﻱ : ﻳﻔﺴﺢ ﻟﻤﻦ ﻳﺪﺧﻞ ﺍﻟﺼﻒ ﻓﻲ ﺍﻟﺼﻼﺓ ‏) "Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik dalam meluaskan tempat ( bagi orang masuk dalam shof) dalam sholat". (Targhib wa Tarhib 1/234) . ﺧﻴﺮ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻣﻦ ﻃﺎﻝ ﻋﻤﺮﻩ ﻭﺣﺴﻦ ﻋﻤﻠﻪ ‏[ ﺻﺤﻴﺢ ﺍﻟﺠﺎﻣﻊ 3297 ‏] "Sebaik-baik manusia adalah orang yg panjang umurnya dan baik amal perbuatannya". (Shahih al Jami' 3297) . ﺧﻴﺮ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﺃﻧﻔﻌﻬﻢ ﻟﻠﻨﺎﺱ ‏[ ﺻﺤﻴﺢ ﺍﻟﺠﺎﻣﻊ 3289 ‏] "Sebaik-baik manusia adalah yg paling bermanfaat bagi orang lain". (Shahih al Jami' 3289) . ﺧﻴﺮ ﺍﻷﺻﺤﺎﺏ ﻋﻨﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺧﻴﺮﻛﻢ ﻟﺼﺎﺣﺒﻪ، ﻭﺧﻴﺮ ﺍﻟﺠﻴﺮﺍﻥ ﻋﻨﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺧﻴﺮﻛﻢ ﻟﺠﺎﺭﻩ ‏[ ﺻﺤﻴﺢ ﺍﻷﺩﺏ ﺍﻟﻤﻔﺮﺩ 84/ ‏] "Sebaik-baik sahabat di sisi Allah adalah sebaik-baik kalian terhadap sahabatnya, Sebaik-baik tetangga di sisi Allah adalah yang terbaik diantara kalian terhadap tetangganya". (Shahih Adabul Mufrod : 84) . ﺧﻴﺮ ﺍﻟﻨَّﺎﺱ ﺫﻭ ﺍﻟﻘﻠﺐ ﺍﻟﻤَﺨْﻤُﻮﻡ ﻭﺍﻟﻠِّﺴﺎﻥ ﺍﻟﺼَّﺎﺩﻕ ‏) ﻗﺎﻟﻮﺍ : ﺻﺪﻭﻕ ﺍﻟﻠﺴﺎﻥ ﻧﻌﺮﻓﻪ ، ﻓﻤﺎ ﻣﺨﻤﻮﻡ ﺍﻟﻘﻠﺐ ؟ , ﻗﺎﻝ : ﻫﻮ ﺍﻟﻨﻘﻲ ، ﺍﻟﺘﻘﻲ ، ﻻ ﺇﺛﻢ ﻋﻠﻴﻪ ، ﻭﻻ ﺑﻐﻲ ، ﻭﻻ ﻏﻞ ، ﻭﻻ ﺣﺴﺪ ‏[ ﺻﺤﻴﺢ ﺍﻟﺠﺎﻣﻊ / 3291 ‏] "Sebaik-baik manusia adalah orang yg memiliki hati yg makhmum dan lisan yang shodiq /jujur ". Para sahabat bertanya : "Lisan yg jujur kami paham, maka apa yg dimaksud dg hati yg makhmum?. Beliau Nabi bersabda : "Adalah orang yg memiliki hati yg bersih dan bertaqwa, tidak ada dosa padanya dan tidak menantang, serta tidak ada rasa benci dan tidak ada rasa iri dengki ". (Shahih al Jami' 3201) . . ﺟﻌﻠﻨﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺍﻳﺎﻛﻢ ﻣﻦ ﺧﻴﺮ ﺍﻟﻨﺎﺱ " Semoga Allah Ta'ala menjadikan saya dan anda semua menjadi orang yang terbaik " . Aamiin... Yaa Robbal 'alamiin..... "SEMOGA BERMANFAAT"

Manusia-Manusia Terbaik
(Semoga Kita termasuk diantaranya)
.
ﺑِﺴْــــــــــــــﻢِ ﺍﻟﻠﻪِ ﺍﻟﺮَّﺣْﻤَﻦِ ﺍﻟﺮَّﺣِﻴْـــــﻢ

ﻣﻦ ﻫﻢ ﺧﻴﺮُ ﺍﻟﻨﺎﺱ ؟ .
"Siapakah Mereka Sebaik-Baik Manusia ?!".
ﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ :
Rasulullah ﷺ bersabda :
.
ﺧﻴﺮﻛﻢ ﻣﻦ ﺗﻌﻠﻢ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﻭﻋﻠﻤﻪ ‏[ ﺻﺤﻴﺢ ﺍﻟﺒﺨﺎﺭﻱ 5027 ‏]
"Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al Qur'an dan mengajarkannya". ( HR. Bukhari 5027 ).
 .
ﺧﻴﺎﺭﻛﻢ ﺃﺣﺴﻨﻜﻢ ﺃﺧﻼﻗﺎ ‏[ ﺻﺤﻴﺢ ﺍﻟﺒﺨﺎﺭﻱ 6035 ‏]
"Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik akhlaknya." (HR. Bukhari 6035).
.
ﺧﻴﺮﻛﻢ ﺃﺣﺴﻨﻜﻢ ﻗﻀﺎﺀ ‏( ﺃﻱ ﻋﻨﺪ ﺭﺩ ﺍﻟﻘﺮﺽ ‏) ‏[ ﺻﺤﻴﺢ ﺍﻟﺒﺨﺎﺭﻱ ﺭﻗﻢ 2305 ‏]
"Sebaik-baik kalian adalah yg paling baik dalam membayar ( mengembalikan hutang )". (HR. Bukhari 2305)
.
ﺧﻴﺮﻛﻢ ﻣﻦ ﻳُﺮﺟﻰ ﺧﻴﺮﻩ ﻭﻳُﺆﻣٓﻦ ﺷﺮﻩ
‏[ ﺻﺤﻴﺢ ﺍﻟﺘﺮﻣﺬﻱ / 2263 ‏]
"Sebaik-baik kalian adalah orang paling bisa diharapkan kebaikannya dan aman dari keburukannya". (HR. Tirmidzi 2263)
.
ﺧﻴﺮﻛﻢ ﺧﻴﺮﻛﻢ ﻷﻫﻠﻪ ‏[ ﺻﺤﻴﺢ ﺍﺑﻦ ﺣﺒﺎﻥ / 4177 ‏]
"Sebaik-baik kalian adalah yg paling baik terhadap istrinya". (HR. Ibnu Hibban : 4177)
.
ﺧﻴﺮﻛﻢ ﻣﻦ ﺃﻃﻌﻢ ﺍﻟﻄﻌﺎﻡ ﻭﺭﺩَّ ﺍﻟﺴﻼﻡ ‏[ ﺻﺤﻴﺢ ﺍﻟﺠﺎﻣﻊ / 3318 ‏]
"Sebaik-baik kalian adalah orang yang mau memberi makan (kepada orang lain) dan mau menjawab salam". (Shahih Al Jami' 3318)
.
ﺧﻴﺎﺭﻛﻢ ﺃﻟﻴﻨُﻜﻢ ﻣﻨﺎﻛﺐ ﻓﻲ ﺍﻟﺼﻼﺓ ‏[ ﺍﻟﺘﺮﻏﻴﺐ ﻭﺍﻟﺘﺮﻫﻴﺐ 234/1 ‏] ‏( ﺃﻱ : ﻳﻔﺴﺢ ﻟﻤﻦ ﻳﺪﺧﻞ ﺍﻟﺼﻒ ﻓﻲ ﺍﻟﺼﻼﺓ ‏)
"Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik dalam meluaskan tempat ( bagi orang masuk dalam shof) dalam sholat". (Targhib wa Tarhib 1/234)
.
ﺧﻴﺮ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻣﻦ ﻃﺎﻝ ﻋﻤﺮﻩ ﻭﺣﺴﻦ ﻋﻤﻠﻪ ‏[ ﺻﺤﻴﺢ ﺍﻟﺠﺎﻣﻊ 3297 ‏]
"Sebaik-baik manusia adalah orang yg panjang umurnya dan baik amal perbuatannya". (Shahih al Jami' 3297)
.
ﺧﻴﺮ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﺃﻧﻔﻌﻬﻢ ﻟﻠﻨﺎﺱ ‏[ ﺻﺤﻴﺢ ﺍﻟﺠﺎﻣﻊ 3289 ‏]
"Sebaik-baik manusia adalah yg paling bermanfaat bagi orang lain". (Shahih al Jami' 3289)
.
ﺧﻴﺮ ﺍﻷﺻﺤﺎﺏ ﻋﻨﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺧﻴﺮﻛﻢ ﻟﺼﺎﺣﺒﻪ، ﻭﺧﻴﺮ ﺍﻟﺠﻴﺮﺍﻥ ﻋﻨﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺧﻴﺮﻛﻢ ﻟﺠﺎﺭﻩ ‏[ ﺻﺤﻴﺢ ﺍﻷﺩﺏ ﺍﻟﻤﻔﺮﺩ 84/ ‏]
"Sebaik-baik sahabat di sisi Allah adalah sebaik-baik kalian terhadap sahabatnya, Sebaik-baik tetangga di sisi Allah adalah yang terbaik diantara kalian terhadap tetangganya". (Shahih Adabul Mufrod : 84)
.
ﺧﻴﺮ ﺍﻟﻨَّﺎﺱ ﺫﻭ ﺍﻟﻘﻠﺐ ﺍﻟﻤَﺨْﻤُﻮﻡ ﻭﺍﻟﻠِّﺴﺎﻥ ﺍﻟﺼَّﺎﺩﻕ ‏) ﻗﺎﻟﻮﺍ : ﺻﺪﻭﻕ ﺍﻟﻠﺴﺎﻥ ﻧﻌﺮﻓﻪ ، ﻓﻤﺎ ﻣﺨﻤﻮﻡ ﺍﻟﻘﻠﺐ ؟ , ﻗﺎﻝ : ﻫﻮ ﺍﻟﻨﻘﻲ ، ﺍﻟﺘﻘﻲ ، ﻻ ﺇﺛﻢ ﻋﻠﻴﻪ ، ﻭﻻ ﺑﻐﻲ ، ﻭﻻ ﻏﻞ ، ﻭﻻ ﺣﺴﺪ ‏[ ﺻﺤﻴﺢ ﺍﻟﺠﺎﻣﻊ / 3291 ‏]
"Sebaik-baik manusia adalah orang yg memiliki hati yg makhmum dan lisan yang shodiq /jujur ".
Para sahabat bertanya : "Lisan yg jujur kami paham, maka apa yg dimaksud dg hati yg makhmum?.
Beliau Nabi bersabda : "Adalah orang yg memiliki hati yg bersih dan bertaqwa, tidak ada dosa padanya dan tidak menantang, serta tidak ada rasa benci dan tidak ada rasa iri dengki ". (Shahih al Jami' 3201)
.
.
ﺟﻌﻠﻨﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺍﻳﺎﻛﻢ ﻣﻦ ﺧﻴﺮ ﺍﻟﻨﺎﺱ
" Semoga Allah Ta'ala menjadikan saya dan anda semua menjadi orang yang terbaik "
.
Aamiin...
Yaa Robbal 'alamiin.....
"SEMOGA BERMANFAAT"


Tidak ada komentar:

Posting Komentar